2 Ranah Kompetensi Profesional

Kompetensi Profesional
Gambar : Kompetensi Profesional

Jangan lupa baca : 4 Kompetensi yang Harus Dikuasai Guru

Kompetensi sosial memiliki 2 ranah atau aspek serta memiliki 9 indikator didalamnya. Adapun aspek dan indikator dalam ranah pedadogik adalah sebagai berikut :

1. Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

1) Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
2) Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
3) Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.



2. Pengembangan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif

1) Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri.
2) Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
3) Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
4) Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya.
5) Guru melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya: seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
6) Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.

Untuk materi videonya bisa tonton video berikut :


Sumber : jamarismelayu.com

0 Comments