4 Kompetensi yang Harus Dikuasai oleh Guru

4 Kompetensi yang Harus Dikuasai oleh Guru
4 Kompetensi yang Harus Dikuasai oleh Guru

Kompetensi merupakan kemampuan, kecakapan, wewenang seseorang terhadap sesuatu yang di emban serta menguasainya. Dalam dunia pendidikan, seorang guru pun memiliki kompetensi-kompetensi tertentu yang harus dikuasi. Adapun tujuan dari kompetensi tersebut adalah untuk  membantu guru dalam memahami karakteristik serta pendekatan kepada para siswa hingga menumbuhkembangkan potensi siswa semaksimal mungkin. Adapun empat kompetensi tersebut adalah sbb :


1. Pedagogik

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang berhubungan dengan pemahaman ataupun karakteristik peserta didik serta pengelolaan pembelajaran. Secara substantif kompetensi ini mencakup kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran hingga evaluasi hasil belajar serta pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Perlu diketahui bahwa kompetensi ini merupakan kompetensi yang khas dan yang membedakan dengan kmpetensi pada profesi lainnya. Hal ini dikarenakan perlunya bakat, minat dan potensi serta upaya untuk mengasah ketiganya secara terus-menerus.


2. Sosial

Kompetensi sosial berhubungan dengan kemampuan pendidik yang berperan sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.


3. Kepribadian

Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.


4. Profesional

Kompetensi professional merupakan kemampuan yang berhubungan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi isi materi kurikulum mata pelajaran dan substansi keilmuan tersebut, serta menambah wawasan keilmuan sebagai guru.



Itulah empat kompetensi yang harus dikuasai oleh mereka yang ingin menjadi guru. Untuk pembahasan yang lebih mendalam dapat meng klik link yang disarankan. Terima kasih.

1 Comments